Senin, 02 Maret 2009

manfaat fluor

fluor untuk melindungi gigi dari karies ato bahan bom? bener ga sih fluor (fluoride) merupakan salah satu bahan tambahan pada pasta gigi yg berfungsi utk melindungi gigi dari karies? apa itu karies?? Check it!! bahasa awamnya karies itu lubang yg ada pada gigi. Gigi berlubang disebabkan oleh plak, yang terjadi karena kotoran (sisa makanan) yangmenempel pada gigi, dan ditumbuhi kuman. Dalam beberapa menit, makanan yang tersisa di dalam mulut membusuk dan kuman-kumanpun mulai menggerogoti email. lama kelamaan email menjadi menipis sehingga gigi jd berlubang. bakteri yg menjadi faktor pemicu karies adalah streptococcus mutans, ia berbentuk bulat dan bersifat patogen.
. mungkin saat ini gigi belum terasa sakit. jika dibiarkan, kuman-kuman tersebut masuk lapisan dentin, menjalar ke syaraf gigi sehingga menimbulkan rasa sakit. Lama kelamaan gigi menjadi mati dan busuk sehingga terjadi pembengkakan (abses). jika sudah sampai pada tahap pembengkakan, bisa jadi menyebabkan tulang alveolar menjadi lebih lunak hingga akhirnya gigi tanggal / lepas dari jaringan periodontal. untuk menghindari hal tersebut gigi harus kuat. Agar gigi menjadi kuat, maka kristal apatit yang ujungnya mengandung hidroksil negatif harus ditambahkan fluor sehingga menjadi kuat dan tidak larut. kadar fluor yang diijinkan adalah 1 ppm (part per million), tapi kebutuhannya berbeda pada tiap individu. individu yang mempunyai kadar fluor yang tinggi akan memacu timbulnya fluorosis, hal ini menyebabkan email gigi kita terlihat ada bercak-bercak putih yang dinamakan mottled enamel. oleh sebab itu, gunakanlah dalam batas wajar. untuk lebih jelasnya, konsultasikanlah pada dokter gigi Anda.
pro kontra tentang fluor?? ada yg blg bahan bom? ada yg bilang zat karsinogen?
fluor itu merupakan salah satu makromineral yang penting untuk tumbuh kembang tulang dan gigi.
memang benar fluor merupakan bahan untuk bom atom, tp jangan takut para pakar dokter gigi kita dari seluruh dunia antara lain CDA (Canadian Dental Association), BDA (British Dental Association), ADA (American Dental Association), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), dll membantah hal itu. Selama penggunaan fluor dalam batas wajar dengan kadar 1 ppm, sangat baik untuk tumbuh kembang gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar